Selamat Datang di Blog ~D~ Ramadhoni...Jangan lupa membaca basmalah (بسم الله)sebelum memulai segala aktivitas kita, and jangan lupa dicomment ya blog saya...Ok d^^b Thank You...


Paduan suara atau Koor adalah suatu kumpulan orang yang menciptakan nada sehingga dari nada-nada tersebut tercipta suatu keharmonisan dan menjadikannya sebuah suara yang saling berpadu.

Paduan suara biasanya itu dipimpin oleh seorang dirigen atau choirmaster yang umumnya adalah pelatih paduan suara tersebut. Umumnya paduan suara terdiri atas empat bagian suara,yaitu : Sopran,Alto,Tenor,dan Bas.

Adapun Sopran adalah suara tertinggi dari wanita,sedangkan Alto adalah suara terendah dari wanita. Di pihak laki-laki, terdapat Tenor yang merupakn suara tertinggi dan Bas sebagai suara yang terendah. Sebetulnya ada 2 jenis suara lagi, yaitu Mezzo Sopran dan Bariton. Mezzo Sopran adalah suara wanita yang berada di antara Sopran dan Alto. Sedangkan Bariton adalah suara laki-laki yang berada di antara Tenor dan Bas.

Selain empat suara, jumlah jenis suara yang paling lazim dalam paduan suara adalah tiga, lima, enam, dan delapan. Bila menyanyi dengan satu suara, paduan suara tersebut diistilahkan menyanyi secara unisono.

Paduan suara dapat bernyanyi dengan atau tanpa iringan alat musik. Bernyanyi tanpa iringan alat musik biasanya disebut sebagai bernyanyi a cappella. Bila bernyanyi dengan iringan, alat musik pengiring paduan suara dapat terdiri atas alat musik apa saja, satu, beberapa, atau bahkan suatu orkestra penuh.

Untuk latihan paduan suara, alat pengiring yang biasa digunakan adalah piano.Dan terdapat juga partitur-partitur lagu yang berisi not angka maupun not balok. Nah..Pekerjaan sebuah Paduan Suara adalah bernyanyi sesuai dengan not-not suatu lagu tersebut,tetapi tidak hanya membunyikan sesuai dengan not saja,tetapi dibawakan dengan pembawaan-pembawaan tertentu sehingga menciptakan sebuah harmoni yang indah.

Di kampus Gunadarma memiliki Paduan Suara Mahasiswa yang bernama Swara Darmagita Choir yang memiliki sekretariat di Kampus D lantai 4.

Comments (2)

On 2 Maret 2014 pukul 03.35 , nan mengatakan...

paduan suara itu terdiri dari berapa orang ya?

 
On 28 Desember 2016 pukul 00.24 , Madina's blog mengatakan...

nice ka..
visit juga ka http://swaradarmagita.gunadarma.ac.id/
:)