Selamat Datang di Blog ~D~ Ramadhoni...Jangan lupa membaca basmalah (بسم الله)sebelum memulai segala aktivitas kita, and jangan lupa dicomment ya blog saya...Ok d^^b Thank You...


Hello...Kita kembali membicarakan Organisasi nih.Tapi sekarang, saya akan lebih membahas pola dan struktur Organisasinya.

Seperti yang kita sudah tahu bahwa Organisasi merupakan salah satu sarana untuk mencapai tujuan perusahaan melalui pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen yang dilakukan seorang pimpinan dengan organisasi yang tercipta di perusahaan yang bersangkutan. Jadi keberhasilan suatu perusahaan itu tergantung pada organisasi terutama struktur organisasi yang dianut.
Kebutuhan perusahaan akan pentingnya peranan oranisasipun akan disesuaikan dengan seberapa besar anggota perusahaannya. Karena semakin sedikit anggota perusahaan semakin sederhana pula fungsi-fungsi pengorganisasian yang dilakukan.Dan apabila anggotanya bertambah maka semakin banyak kebutuhan akan organisasi semakin besar.

Ada 2 Pola dari Organisasi, yaitu Organisasi Formal dan Organisasi Informal.

Organisasi Formal itu organisasi yang dibentuk secara sadar dan mempunyai tujuan tertentu yang disadari pula dengan menggunakan sistem tugas, hubungan wewenang, tanggung jawab maupun pertanggungjawaban dirancang oleh manajer agar pekerjaan dapat dilaksanakan sesuai dengan peraturan yang telah disepakati bersama.

Sebaliknya Organisasi Informal adalah organisasi yang keberadaannya tidak direncanakan tetapi terjadi secara otomatis karena hubungan antar perseorangan pada sesama anggota organisasi formal (perusahaan),pada struktur organisasi,organisasi informal tidak akan terlihat tetapi akan selalu mengikuti keberadaan organisasi formal.Jadi bisa kita lihat kan,perbedaan dari kedua pola tersebut.

Sedangkan Struktur organisasi merupakan kelanjutan dari dua bentuk pola organisasi. Adapun struktur organisasi ini secara otomatis merupakan perwujudan struktur organisasi formal dengan jalan menganalisis jabatan-jabatan apa yang harus diperlukan dalam mencapai tujuan untuk kemudian menentukan kualifikasi maupun jumlah orang yang diperlukan untuk mengisi jabatan-jabatan yang telah ditetapkan.

Bentuk Struktur Organisasi dibagi 6 yaitu :
- Organisasi Lini
- Organisasi Fungsional
- Organisasi Lini dan Staff
- Organisasi Fungsional dan Lini
- Organisasi Matrik
- Organisasi Komite

Berikut,akan saya kasih tahu nih,pengertian-pengertian bentuk organisasi di atas.

Organisasi Lini atau garis adalah bentuk organisasi yang didalamnya terdapat garis wewenang yang menghubungkan langsung secara vertikal antara atasan ke bawahan.

Organisasi Fungsional adalah suatu organisasi suatu organisasi di mana wewenang dari pimpinan tertinggi dilimpahkan kepada kepala bagian yang mempunyai jabatan fungsional untuk dikerjakan kepada para pelaksana yang mempunyai keahlian khusus.

Organisasi Lini dan Staff adalah suatu bentuk organisasi di mana pelimpahan wewenang berlangsung secara vertikal dan sepenuhnya dari pucuk pimpinan ke kepala bagian di
bawahnya serta masing-masing pejabat,manajer ditempatkan satu atau lebih pejabat staff yang tidak mempunyai wewenang memerintah tapi hanya sebagai penasihat, misalnya mengenai masalah kearsipan, keuangan, personel dan sebagainya.

Organisasi Fungsional dan Lini adalah bentuk organisasi dimana wewenang dari pimpinan tertinggi dilimpahkan kepada kepala bagian di bawahnya yang mempunyai keahlian tertentu serta sebagian dilimpahkan kepada pejabat fungsional yang koordinasinya tetap diserahkan kepada kepala bagian.

Kemudian,Organisasi Matrik itu disebut juga sebagai organisasi manajemen proyek yaitu organisasi di mana penggunaan struktur organisasi menunjukkan di mana para spesialis yang mempunyai keterampilan masing-masing bagian dari kegiatan perusahaan dikumpulan lagi menjadi satu untuk mengerjakan suatu proyek yang harus diselesaikan.

Yang terakhir, Organisasi komite adalah bentuk organisasi di mana tugas kepemimpinan dan tugas tertentu dilaksanakan secara kolektif oleh sekelompok pejabat, yang berupa komite atau dewan atau board dengan pluralistic manajemen.

Saya juga memiliki contoh organisasi yang beruapa PT yang merupakan tugas dari dosen saya.

PROPOSAL
A.Data Perusahaan
1.Nama Perusahaan : PT. KOER-C FURNITURE
2.Bidang Usaha : Eksportir Meubel
3.Jenis Produk : Aneka Meubel (meja,kursi,dll)
4.Alamat Perusahaan : Jl. Jend.Sudirman No. 99 Jakarta Selatan, Indonesia.
5.Nomor Telepon : (021) 97864563
B.Data Pemilik
1.Nama Pemilik : Bambang Rohimin,ST,Mm
2.Jabatan : Direktur
3.Tempat tanggal lahir : Papua, 27 Juni 1967
4.Alamat Rumah :Jl. Jalan Sore No. 333, Petamburan, Jakarta Barat
5.Nomor Telepon : 08574648373
6.Struktur Organisasi : Lini

Coba lihat, Struktur Organisasi pada contoh proposal saya ini meruapakan Organisasi Lini. Yaitu hanya merupakan garis lurus vertikal ke bawah dari sang pemilik/pemimpin perusahaan dengan staf-staf di bawahnya.
Demikian tulisan saya ini, saya minta maaf kalau ada salah-salah pada pengetikan,hehehe...^_^

Comments (2)

On 2 Juni 2012 pukul 21.24 , Dickson Kho mengatakan...

Thanks for the sharing

 
On 17 Maret 2015 pukul 06.28 , Ardhina Mulya Lalita mengatakan...

Thank you for the information,,