Selamat Datang di Blog ~D~ Ramadhoni...Jangan lupa membaca basmalah (بسم الله)sebelum memulai segala aktivitas kita, and jangan lupa dicomment ya blog saya...Ok d^^b Thank You...


          Saya ingin membagi pengalaman dengan para pembaca mengenai pengalaman saya membuat sebuah sistem. Saya akan ambil salah satu contohnya, dulu saya pernah membuat Sistem Informasi Kelurahan berbasis Web. Latar belakang saya mengambil tema tersebut adalah karena suatu hari saya pergi ke kelurahan untuk membuatkan KTP untuk saudari saya. Di sana saya melihat berbagai macam proses yang terjadi dalam pembuatan sebuah KTP (ternyata lama juga prosesnya). Kemudian sayapun pulang ke rumah dan memikirkan sesuatu.
          Dan gayungpun bersambut, berkat taufiq dan hidayah dari Allah subhanahu wa ta'ala, saya berniat untuk membuat sistem kelurahan yang terbaru dengan nama "3 Surat Kilat" (KTP, Akte Kelahiran, dan Surat Kematian). Mengapa saya mengambil nama yang norak seperti tadi, karena saya lihat sistem yang ada sekarang terkesan agak lamban. Dan juga banyak proses "pindah tangan" yang seharusnya pekerjaan-pekerjaan tersebut dapat di  combine untuk tanggung jawab perorangan saja. Sayapun mulai membuat rancangan dan UMLnya.
          Untuk menyempurnakan pembuatan aplikasi Sistem Informasi Kelurahan berbasis Web ini, saya langsung terjun ke lapangan (bukan lapangan bola), yaitu Kantor Kelurahan dan mewawancarai petugas yang ada di sana. Setelah saya mendapat beberapa data, akhirnya saya tahu business process yang sesungguhnya, dan mulai membuat penyederhanaan di berbagai sisi. Sampai akhirnya jadilah sebuah aplikasi sederhana dari php dan mysql yaitu pembuatan 3 Surat secara Kilat yang saya namakan "3 Surat Kilat". 
          Mengapa saya berani mengatakan "Kilat"? Karena seperti biasanya anda membuat KTP, Akte Kelahiran, atau Surat Kematian, berapa lama? 1 Minggu? 2 Minggu? atau 1 Bulan? Betul kan?. Dengan sistem yang saya buat ini, anda tinggal mengisi form dan bahkan dapat menunggu sejenak di tempat untuk dipanggil oleh petugas nama anda (atau nama anak anda, untuk Akte Kelahiran, atau nama kerabat anda, untuk Surat Kematian). Mudah bukan cara kerjanya? Zaman sudah modern, di mana kita butuh kecepatan informasi PLUS keamanan yang sederhana namun terjaga, bi'idznillaah.

Ada yang bilang "No Picture = HOAX?"

OK, saya berikan contoh gambarannya...


Simple kan???


          Di bawah ini, saya tunjukkan kepada para pembaca gambaran Diagram Activitynya dari pemohon datang ke Kelurahan sampai  mendapat KTP (Proses di bawah ini terjadi dalam 1 hari, bukan 1 minggu maupun 1 bulan)


Oke. Mungkin itu saja dari sedikit pengalaman yang saya punya.

Comments (0)