Selamat Datang di Blog ~D~ Ramadhoni...Jangan lupa membaca basmalah (بسم الله)sebelum memulai segala aktivitas kita, and jangan lupa dicomment ya blog saya...Ok d^^b Thank You...


Secara konseptual sistem informasi berbasis jaringan komputer khususnya yang berkaitan dengan pengembangan wilayah / masyarakat dapat kita pandang dari dua arah / pendekatan, yaitu:

• Pendekatan struktural.
• Pendekatan fungsional.

Secara struktur kita dapat melihat sebuah sistem informasi berbasis jaringan komputer secara berlapis. Lapisan konseptual lapisan sistem informasi berbasis jaringan komputer dapat dilihat pada gambar (1). Secara umum dapat kita bagi dalam empat lapisan utama, yaitu:

• Lapisan fisik berupa peralatan komputer yang terkait dalam sebuah jaringan komputer.
• Lapisan perangkat lunak aplikasi penunjang, dapat berupa dBase, spread sheet dll.
• Lapisan aplikasi sistem informasi, seperti Geographics Information System (GIS), Management Information System (MIS).
• Lapisan konseptual berupa Sistem Informasi Eksekutif (SIE) dan / atau Expert System (ES) untuk mempercepat proses pengambilan keputusan & kebijaksanaan.

Umumnya pengambil kebijaksanaan atau praktisi lapangan di Indonesia sudah cukup mahir untuk menguasai teknik-teknik pada dua lapisan teratas dalam konsep sistem informasi yang mengkaitkan wilayah luas. Akan tetapi masih perlu banyak pemikiran / usaha untuk mengintegrasikan kedua lapisan aplikasi dan konseptual diatas dengan lapisan fisik jaringan komputer yang memungkinkan efisiensi pengembangan sistem informasi yang meliputi wilayah luas tanpa perlu terikat secara fisik pada dimensi ruang dan waktu. Bayangkan bahwa seorang perencana pembangunan, investor, bankir di Indonesia cukup dengan menekan sebuah tombol komputer dapat langsung mengetahui kondisi perekonomian dalam wilayah yang luas yang selalu ter-audit dan di up-date setiap hari. Tentunya hal yang dibayangkan tadi masih jauh dari kenyataan, akan tetapi beberapa usaha sistematis untuk melakukan integrasi sistem informasi, seperti, GIS dan MIS, dengan jaringan komputer sedang dilakukan dengan kerjasama multi-disiplin.

Contoh beberapa kekuatan dan sumber daya yang sudah ada dan mungkin dikembangkan dan diminta bantuannya untuk mendukung pengembangan jaringan komputer menggunakan radio adalah:

Departemen Koperasi dan industri kecil di Indonesia harusnya sudah cukup banyak berkecimpung dalam bidang ini. Insya Allah, hal ini dapat merupakan sumber daya yang cukup bisa di andalkan.
Ada beberapa NGO/LSM yang bergerak di Industri kecil, seperti PUPUK dan Yayasan Mandiri, yang umumnya dimotori oleh para alumni ITB.
Industri kecil / menengah elektronika di Indonesia cukup cukup berkembang, misalnya, di Bandung yang bertumpu pada pasar Cikapundung dan di Jakarta, yang lebih bersifat komersial / konglomerat di Glodok. [1]


------Footnote----------------------------------------------------------------------------------

Comments (0)